Efektifitas Penggunaan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Jumlah Ismyyah Di MtsN Kota Sabang

Ismi Aklima, 200202039 (2023) Efektifitas Penggunaan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Jumlah Ismyyah Di MtsN Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektifitas Penggunaan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Jumlah Ismyyah Di MtsN Kota Sabang] Text (Efektifitas Penggunaan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Jumlah Ismyyah Di MtsN Kota Sabang)
Ismi Aklima, 200202039, FTK, PBA, 082285653355.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama, peneliti melihat bahwa siswa MTsN Kota Sabang mengalami permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam pembelajaran "tarkib aljumlah ismiyyah". Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan media videoscribe. Adapun tujuan penelitian yaitu mengetahui keefektifan penggunaan media videoscribe untuk meningkatkan kemampuan siswa pada tarkib jumlah ismiyyah dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media videoscribe dalam pembelajaran tarkib "jumlah ismiyyah" di MTsN Kota Sabang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain awal disebut One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dengan tes dan angket. Jumlah keseluruhan penelitian adalah seluruh siswa semester genap MTsN Kota Sabang. Adapunsampel penelitian mengambil siswa kelas II (4) yang berjumlah 20 siswa. hasilnya peneliti menemukan bahwa penggunaan media videoscribe efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran tarkib "jumlah ismiyyah". Dan pembuktian ini menggunakan uji T dari sistem yang dihitung dengan hasil tingkat signifikansi (sig) 0,005. Dan tingkat keberhasilan pada respon siswa dalam melakukan proses belajar mengajar menggunakan media videoscribe pada jumlah ismiyyah sangat baik, dan ini dibuktikan dengan hasil siswa p= 96%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ismi Aklima
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:47
Last Modified: 27 Jul 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30444

Actions (login required)

View Item
View Item