Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Teorema Pythagoras Di SMP/Mts

Reza Riski, 190205066 (2023) Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Teorema Pythagoras Di SMP/Mts. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Teorema Pythagoras Di SMP/Mts] Text (Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Teorema Pythagoras Di SMP/Mts)
Reza Riski, 190205066, FTK, PMA, 082293349134,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Teorema Pythagoras adalah salah satu materi matematika yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Sebagai upaya dalam menyelesaikan permasalahan terkait soal cerita metematika, siswa dituntut harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik atau dikenal dengan sebutan HOTS. Untuk mencermati kemampuan menyelesaikan soal cerita yang baik terhadap materi teorema Pythagoras maka peneliti mengambil indikator kemampuan menyelesaikan soal cerita menurut teori Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis HOTS pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Samalanga sebanyak 20 siswa, namun nantinya akan dipilih 3 siswa berdasarkan skor tes nilai tertinggi, sedang dan rendah. Data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara, data tersebut di analisis menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian dari soal tes dan wawancara menunjukkan bahwa, 1) Siswa kategori tinggi dalam menyelesaikan soal cerita mampu memenuhi semua indikator berdasarkan teori Polya; 2) Siswa kategori sedang dalam menyelesaikan soal cerita hanya mampu memenuhi 4 indikator saja; dan 3) Siswa kategori rendah dalam menyelesaikan soal cerita hanya mampu memenuhi 2 indikator saja. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat berpikir siswa maka semakin bagus kemampuan menyelesaikan soal ceritanya. Penelitian ini didapat bahwa siswa dominan masih berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Riski Reza
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:51
Last Modified: 27 Jul 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30445

Actions (login required)

View Item
View Item