Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Besar

Rini Haryanti, 190209103 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Besar)
Rini Haryanti, 190209103, FTK, PGMI, 082294170310.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Hasil belajar pada siswa kelas 5-4 masih berada dibawah KKM klasikal. Dilihat dari nilai siswa yang masih banyak dibawa nilai KKM. Nilai standar yang digunakan adalah 75, namun dari 34 siswa persentase yang tuntas hanya (38,23%) atau 13 orang dan (61,76%) atau 21 orang belum tuntas sehingga nilai siswa secara klasikal belum tercapai. Hal ini terlihat ketika guru memberikan nilai ulangan kepada siswa. Kemudian juga ditandai dengan kurang nya ketertarikan siswa terhadap materi serta siswa merasa bosan dan siswa tidak konsentrasi saat guru menjelaskan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 8 Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas V MIN 8 Aceh Besar yang berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta melalui tes. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru siklus I sudah mencapai kategori baik yaitu dengan nilai (75%), pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (88,88%) dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai (96,71%) dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai kategori baik dengan nilai (77,85%), untuk siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (82,85%) dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai (96,16%) dengan kategori sangat baik. Untuk hasil tes kemampuan hasil belajar siswa siklus I siswa yang tuntas 21 orang siswa dengan persentase (61,76%) tergolong cukup, siklus II mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 28 orang siswa (82,35%) tergolong sangat baik dan untuk siklus III mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 31 orang siswa (91,17%) tergolong sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rini Haryanti
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:41
Last Modified: 28 Jul 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30457

Actions (login required)

View Item
View Item