Pembelajaran Qawaid Sharfiyyah Dengan Menggunakan Peta Konsep di Ma’had Syamsuddhuha Aceh Utara

Jihan Nazirah, 190202026 (2023) Pembelajaran Qawaid Sharfiyyah Dengan Menggunakan Peta Konsep di Ma’had Syamsuddhuha Aceh Utara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Qawaid Sharfiyyah Dengan Menggunakan Peta Konsep di Ma’had Syamsuddhuha Aceh Utara] Text (Pembelajaran Qawaid Sharfiyyah Dengan Menggunakan Peta Konsep di Ma’had Syamsuddhuha Aceh Utara)
al_Ghifari[1].pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pondok pesantren Syamsuddhuha adalah salah satu lembaga pendidikan di Aceh yang bergerak di bidang pengajaran Bahasa Arab, Nahwu, Sharaf, Ilmu Agama, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifitas penggunaan metode peta konsep untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran fi’il madhi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis “Quasi Experimental Design’’ dan model The Non-Equivalen Pre-test Post-test Design dengan model penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian adalah soal pre-test, post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas XI yang berjumlah 162 siswa. Dan adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswi pada kelas XI/a dengan jumlah 30 siswi (sebagai kelas eksperimen) dan siswi kelas XI/b dengan jumlah 28 siswi (sebagai kelas kontrol). Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan uji Independent sampel T-Test menggunakan program SPSS 20. Peneliti menemukan hasil dalam penelitian ini bahwa penggunaan metode peta konsep adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran qawaid sharafiyyah khususnya dalam fi’il madhi, hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji T-test sistem yang dihitung dari hasil tingkat signifikansi (sig) (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Jihan Nazirah Jihan
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:33
Last Modified: 02 Aug 2023 09:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30499

Actions (login required)

View Item
View Item