Penggunaan Kitab Irsyadul Mubtadi Untuk meningkatkan kemampuan I’rab Santri (Penelitian Eksperimen di Kelas 1 di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar)

Eggi Sujana, 190202022 (2023) Penggunaan Kitab Irsyadul Mubtadi Untuk meningkatkan kemampuan I’rab Santri (Penelitian Eksperimen di Kelas 1 di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Kitab Irsyadul Mubtadi Untuk  meningkatkan kemampuan I’rab Santri (Penelitian Eksperimen di Kelas 1 di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar)] Text (Penggunaan Kitab Irsyadul Mubtadi Untuk meningkatkan kemampuan I’rab Santri (Penelitian Eksperimen di Kelas 1 di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar))
SKRIPSI AKHIR EGGI SUJANA (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kitab merupakan sumber ilmu dan informasi serta sarana pengajaran dan penguraian. Penggunaan kitab yang kurang sesuai dalam proses belajar mengajar mempengaruhi prestasi akademik santri. Kemampuan mereka dalam mengi’rab lemah. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian eksperimen di dayah ini tentang penggunaan kitab Irsyadul Mubtadi dalam pembelajaran I’rab. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui respon santri Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar dalam pembelajaran I’rab menggunakan kitab Irsyadul Mubtadi, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaannya dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian eksperimen dengan desain Pra-eksperimen. Yang menjadi populasi dalm penelitian ini adalah adalah semua santri Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar tahun ajaran 2022-2023 dengan sampelnya kelas 1 yang berjumlah 20 santri. Dan alat penelitian yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian yang paling penting adalah: Respon positif santri terhadap penggunaan kitab Irsyadul Mubtadi dalam pembelajaran I’rab dan Penggunaan kitab Irsyadul Mubtadi dalam pembelajaran I’rab menjadi lebih efektif. Maka hasil dari observasi langsung yaitu dengan nilai 92,5% yang menunjukkan indeks antara 81-100% bermakna sangan baik. Dengan hasil dari T-Test (dengan tingkat sig.2-Tailed) kurang dari 0,05 dan ini menunjukkan bahwa penggunaan kitab Irsyadul Mubtadi dalam pembelajaran I’rab efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eggi Sujana Eggi
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:29
Last Modified: 02 Aug 2023 09:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30500

Actions (login required)

View Item
View Item