Efektivitas Penggunaan Media Film Kartun untuk meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Maharah Istima’ (Penelitian Eksperimen di MIN 2 Banda Aceh)

Munawwarah, 190202138 (2023) Efektivitas Penggunaan Media Film Kartun untuk meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Maharah Istima’ (Penelitian Eksperimen di MIN 2 Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Film Kartun untuk meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Maharah Istima’ (Penelitian Eksperimen di  MIN 2 Banda Aceh)] Text (Efektivitas Penggunaan Media Film Kartun untuk meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Maharah Istima’ (Penelitian Eksperimen di MIN 2 Banda Aceh))
SKRIPSI 9 MUNAWWARAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Sekolah Min 2 Banda Aceh adalah salah satu sekolah tempat belajar bahasa Arab. Ketika peneliti magang di sekolah ini, ditemukan bahwa ada sebagian siswa di sekolah ini belum mampu menguasai istima’ dengan baik.Ketika guru mengatakan “ أُطْلُبُ العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إلى الَّحْدِ”, beberapa siswa mendengar “أُطْلُبُ الاِلْمَ مِنَ المَهْدِ إلى الَّهْدِ”. mereka belum bisa membedakan antara bunyi huruf “alif” dan huruf “’ain”. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan pembelajaran istima’ menggunakan media film kartun dengan teks arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film kartun dalam pembelajaran istima’ dan mengidentifikasi respon siswa dalam pembelajaran istima’ menggunakam film kartun . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen (one grup pre-test post-test design). Salah satu desain pendahuluan (pre experimental design). Instrumen penelitian adalah soal pretest, posttest, dan angket. Adapun populasi dari penelitian ini adalah semua siswa di MIN 2 Banda Aceh, dan siswa kelas lima C sebagai sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian ini didapatkan dari uji T yaitu (-16,960) dengan nilai sig. (0,000 < 0,05) ini menunjukkan bahwa hipotesa (ha) diterima dan hipotesa nol (ho) ditolak, terbukti bahwa penggunaan Media Film Kartun dengan Teks Arab efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran istima’. Adapun respon siswa terhadap penggunaan Media Film Kartun dengan Teks Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa adalah positif dengan persentase skor 91,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Munawwarah Muna
Date Deposited: 03 Aug 2023 09:45
Last Modified: 03 Aug 2023 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30502

Actions (login required)

View Item
View Item