Penerapan Strategi Learning Start with a Question (LSQ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV Min 26 Aceh Besar

Hayatun Mutmainnah, 170209001 (2023) Penerapan Strategi Learning Start with a Question (LSQ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV Min 26 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Strategi Learning Start with a Question (LSQ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV Min 26 Aceh Besar] Text (Penerapan Strategi Learning Start with a Question (LSQ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV Min 26 Aceh Besar)
hayatun uplod.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Strategi Bahasa Indonesia dalam pembelajaran diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara maksimal dalam setiap aktifitas pembelajaran. Strategi pembelajaran adalah salah satu rencana dalam kegaitan pembelajaran guna untuk mengelola peserta didk, guru, kegiatan pembelajaran dan lingkungan belajar. Oleh karena itu pentingnya seorang guru memiliki strategi dalam proses pembelajaran demi mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktifitas guru pada Penerapan Strategi LSQ (Learning Start With A Question) pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MIN 26 Aceh Besar (2) Bagaimana aktivitas peserta didik pada Penerapan Strategi LSQ (Learning Start with a Question) pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 26 Aceh Besar (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap Penerapan Strategi LSQ (Learning Start with a Question) pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 26 Aceh Besar. penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK), dengan subjek penelitian peserta didikk kelas IV MIN 26 Aceh Besar yang berjumlah 29 peserta didik dengan nilai KKM individual 75 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan KKM klasikalnya adalah 80%. Teknik pengumpulan data menggunakn lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan hasil tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I mencapai 75%, siklus II mencapai 80,35%. Aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai 80,35%, dan siklus II mencapai 83,92%. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas peserta didik serta hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran LSQ (Learning Strat with a Question).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hayatun Mutmainnah Hayatun
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:49
Last Modified: 04 Aug 2023 09:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30577

Actions (login required)

View Item
View Item