Kualitas Hasil Belajar Tahsin Al-Qur’an di TPQ Al- Wustha Jeulingke Banda Aceh (Studi Tentang Metode dan Kompetensi Guru)

Muhammad Arifin, 211222375 (2017) Kualitas Hasil Belajar Tahsin Al-Qur’an di TPQ Al- Wustha Jeulingke Banda Aceh (Studi Tentang Metode dan Kompetensi Guru). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Muhammad Arifin.pdf.pdf]
Preview
Text
Muhammad Arifin.pdf.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FORM B & FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B & FORM D.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran al-Qur’an merupakan suatu proses pentransferan ilmu tentang al-Qur’an berkenaan dengan ilmu tajwid yang disampaikan oleh pendidik kepada santri. Setiap pembelajaran tentunya mengharapkan kualitas hasil belajar yang bagus, karena dengan demikian membuktikan bahwa pembelajaran al-Qur’an mampu dikuasai oleh para santri. TPQ Al-Wustha Jeulingke Banda Aceh adalah lembaga pendidikan Islam yang digunakan untuk pembelajaran al-Qur’an dan pengetahuan dasar Islam lainnya. Sekarang ini jam pertemuan belajar tahsin berkurang dari empat kali pertemuan dalam seminggu menjadi dua kali pertemuan karena beradu dengan program diniyah yang diterapkan di sekolah oleh pemerintah Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan metode pembelajaran tahsin al-Qur’an di TPQ Al-Wustha Jeulingke Banda Aceh. Bagaimana kompetensi pendidik di TPQ Al-Wustha Jeulingke Banda Aceh dan bagaimana kualitas hasil belajar tahsin al-Qur’an di TPQ Al-Wustha jeulingke Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisi, yang menjadi subjek penelitian adalah santri yang belajar di kelas TPA 3, serta ustadz yang mengajar di kelas TPA 3, ditambah dengan direktur TPQ Al-Wustha jeulingke Banda Aceh. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan tes baca al-Qur’an. Analisis data dengan proses editing, klasifikasi, memberi kode, dan penafsiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tahsin al-Qur’an di TPQ Al-Wustha ustadz/ustazah menerapkan beberapa metode yaitu: metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Kompetensi pendidik dalam pembelajaran tahsin al-Qur’an termasuk dalam kategori baik. Hal ini di buktikan dengan persentase rata-rata mencapai 84%. Kualitas hasil belajar tahsin di TPQ Al-Wustha sudah termasuk dalam kategori baik. Hal ini di buktikan dengan nilai rata-rata yang di dapat siswa 83.7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Muhibuddin, S.Ag., M.Ag 2.Sri Astuti, S.Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Kualitas Hasil Belajar Tahsin al-Qur’an, Metode, Kompetensi guru
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad arifin arifin
Date Deposited: 26 Apr 2018 10:07
Last Modified: 26 Apr 2018 10:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item
View Item