Peningkatan Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III MIN 3 Pidie Jaya

Dessy Arinda, 201325090 (2018) Peningkatan Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III MIN 3 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Peningkatan Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Prosedur]
Preview
Text (Membahas Tentang Peningkatan Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Prosedur)
Dessy Arinda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih metode atau media pembelajaran yang sesuai. Dari hasil observasi di kelas III MIN 3 Pidie Jaya, masih terdapat kekurangan pada pembelajaran kurangnya memahami bagaimana menulis teks prosedur. Media gambar seri merupakan salah satu media pembelajaran dimana siswa mampu menuliskan teks prosedur sesuai dengan urutan gambar yang diamati. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur di kelas III MIN 3 Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK. Subjek dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan media gambar seri siswa kelas III MIN 3 Pidie Jaya, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan media gambar seri siswa kelas III MIN 3 Pidie Jaya, (3) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan media gambar seri siswa kelas III MIN 3 Pidie Jaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 3,04 dalam kategori baik, siklus II meningkat dengan nilai 3,46 dalam kategori baik, dan siklus III Meningkat dengan nilai 3,64 dalam kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 2,27 dalam kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 3,05 dalam kategori baik, dan pada siklus III memperoleh nilai 3,82 dalam kategori sangat baik. (3) hasil tes siswa pada silkus I 33,33% berada dalam kategori kurang baik, pada siklus II menjadi 41,66% berada dalam kategori kurang baik, dan pada silkus III meningkat dengan nilai 83,33% dalam kategori sangat baik dan siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menulis teks prosedur menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa kelas III MIN 3 Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2.Silvia Sandi Wisuda Lubis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, Teks prosedur, Media Gambar Seri
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dessy Arinda
Date Deposited: 23 Mar 2018 02:32
Last Modified: 23 Mar 2018 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item
View Item