Napila, 201004003 (2023) Efektifitas Penggunaan LKPD Pada Pembelajaran Mufradat Dalam Buku Bahasa Arab MI 5 KMA 183 Berdasarkan Asas Kontekstual. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Efektifitas penggunaan LKPD pada pembelajaran mufradat dalam buku Bahasa Arab MI 5 KMA 183 berdasarkan asas kontekstual.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09-FULL TESIS-NAPILA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Efektifitas penggunaan LKPD pada pembelajaran mufradat dalam buku Bahasa Arab MI 5 KMA 183 berbasis pendekatan kontekstual”. Factor yang mendorong peneliti mengkaji topik ini yaitu kurangnya penguasaan siswa dalam pembelajaran kosa kata sehingga siswa tidak memahami mata pelajaran yang dipelajarinya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media LKPD untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran kosakata, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media LKPD tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian eksperimental dengan desain purposive sampling (one- group pretest posttest design). Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di MIN 3 Aceh Besar dan sampelnya yaitu siswa kelas 5B yang berjumlah 36 orang. Metode pengambilan data menggunakan tes dan angket. Adapun analisis data peneliti menggunakan nilai uji-t. Hasil dari
penelitian ini adalah pembelajaran kosakata menggunakan media LKPD dalam buku Bahasa Arab MI 5 KMA 183 berbasis pendekatan kontekstual efektif untuk meningkatkan kemampuan
siswa dalam penguasaan kosa kata, karena hasil hitung t lebih besar dari hasil tabel atau 16,2 lebih besar dari 2,03. Dan respon siswa dalam pembelajaran kosakata menggunakan media LKPD dalam buku Bahasa Arab MI 5 KMA 183 berbasis pendekatan kontekstual diperoleh respon sangat baik, dengan hasil angket siswa p= 80%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Napila Pila |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 10:41 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 10:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30683 |