Penggunaan Permainan Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Mtsn 3 Banda Aceh)

Annisa Salsabila, 200202053 (2023) Penggunaan Permainan Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Mtsn 3 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Permainan Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Mtsn 3 Banda Aceh)] Text (Penggunaan Permainan Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Mtsn 3 Banda Aceh))
Annisa Salsabila, 200202053, FTK, PBA, 085262373953.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di MTsN 3 Banda Aceh peneliti menemukan bahwa siswa merasa kesusahan dalam berbicara dalam bahasa Arab bersama dengan temannya dan juga mereka masih merasa takut akan salah dalam pengucapan. Karena guru hanya menggunakan satu metode pembelajaran yaitu metode ceramah dan guru tidak menggunakan metode yang tepat dalam proses pembelajaran kalam. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti ingin menggunakan permainan tebak gambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan permainan tebak gambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa saat proses pembelajaran dalam menggunakan permainan tebak gambar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Desain. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan pre-tes dan post tes dan juga observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pretest dan postest adalah dengan tingkat signifikan (Asymp.Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa penggunaan permainan tebak gambar dalam keterampilan berbicara itu efektif. Dan adapun hasil observasi aktifitas guru dan siswa dengan menggunakan permainan tebak gambar memperoleh nilai sangat baik yang hasilnya mencapai 90%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Annisa Salsabila
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:47
Last Modified: 14 Aug 2023 09:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30720

Actions (login required)

View Item
View Item