Penerapan APE Ular Tangga Untuk MengembangkanKemampuan Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Labuhan Tarok.

Nadia Rizki Ponna, 170210090 (2022) Penerapan APE Ular Tangga Untuk MengembangkanKemampuan Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Labuhan Tarok. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan APE Ular Tangga Untuk Mengembangkan    Kemampuan Simbolik] Text (Penerapan APE Ular Tangga Untuk Mengembangkan Kemampuan Simbolik)
Nadia Rizki Ponna, 170210090, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir simbolik perlu dikembangkan pada anak usia 5-6 tahun agar anak memahami simbol yang ada di lingkungannya. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di TK Labuhan Tarok terdapat masalah kemampuan simbolik anak, sebagian anak belum mampu menyebutkan lambang bilangan 1-10, belum mampu menggunakan lambang bilangan untuk berhitung dan belum mampu mencocokkan bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan APE ular tangga untuk mengembangkan kemampuan simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Labuhan Tarok. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan Design Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian menggunakan seluruh anak TK Labuhan Tarok dan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan menggunakan dua kelas yaitu B1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan 8 anak dan B2 sebagai kelas eksperimen menggunakan 8 anak. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan APE ular tangga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik pada anak. Dapat dilihat pada hasil uji hipotesis dengan nilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nadia Rizki Ponna Nadia
Date Deposited: 14 Aug 2023 10:29
Last Modified: 14 Aug 2023 10:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30750

Actions (login required)

View Item
View Item