Khaira Uswati KS, 190209130 (2023) Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas III Di MIN 23 Aceh Selatan . Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Big Book ]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Khaira Uswati KS, 190209130, FTK, PGMI, 082298710772.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan observasi di MIN 23 Aceh Selatan ditemukan siswa dan siswi yang tidak bisa membaca. Permasalahan tersebut seperti kurang menguasai huruf alfabet, tidak bisa meng-eja kata, sehingga tidak mampu dalam membaca. Kemampuan membaca sangat penting dikuasai siswa sehingga mencapai keterampilan membaca. Membaca permulaan ditingkatan rendah sering ditemukan sebagai permasalahan. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di MIN 23 Aceh Selatan, salah satunya ialah membaca. Masih banyak siswa kelas III MIN 23 Aceh Selatan yang belum tuntas dalam membaca dan tidak memenuhi KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan media Big Book pada siswa kelas III di MIN 23 Aceh Selatan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 70,83%, pada siklus II menjadi 80,55%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 90,28%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 63,89%, pada siklus II menjadi 75%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 88,87%. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I sebesar 56,52%, pada siklus II menjadi 65,21%, dan pada siklus III meningkat menjadi 82,61%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbantuan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) 400 Languages (Bahasa) > 499.221 Indonesian/Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Khaira Uswati KS Khaira |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 09:36 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 09:36 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30786 |