Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Big Book Untuk ‎Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas III Di MIN 23 Aceh ‎Selatan ‎

Khaira Uswati KS, 190209130 (2023) Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Big Book Untuk ‎Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas III Di MIN 23 Aceh ‎Selatan ‎. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Big Book ‎] Text (Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Big Book ‎)
Khaira Uswati KS, 190209130, FTK, PGMI, 082298710772.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di MIN 23 Aceh Selatan ditemukan siswa dan siswi yang ‎tidak bisa membaca. Permasalahan tersebut seperti kurang menguasai huruf ‎alfabet, tidak bisa meng-eja kata, sehingga tidak mampu dalam membaca. ‎Kemampuan membaca sangat penting dikuasai siswa sehingga mencapai ‎keterampilan membaca. Membaca permulaan ditingkatan rendah sering ditemukan ‎sebagai permasalahan. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di MIN 23 ‎Aceh Selatan, salah satunya ialah membaca. Masih banyak siswa kelas III MIN 23 ‎Aceh Selatan yang belum tuntas dalam membaca dan tidak memenuhi KKM yang ‎ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan ‎membaca permulaan melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan media Big ‎Book pada siswa kelas III di MIN 23 Aceh Selatan. Jenis penelitian adalah ‎Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, ‎pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek ‎penelitian berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument ‎lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil ‎penelitian melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan media Big Book ‎untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa mengalami ‎peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 70,83%, pada ‎siklus II menjadi 80,55%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar ‎‎90,28%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 63,89%, pada siklus II menjadi 75%, ‎dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 88,87%. Sedangkan hasil tes ‎kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I sebesar 56,52%, pada siklus ‎II menjadi 65,21%, dan pada siklus III meningkat menjadi 82,61%. Dengan ‎demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbantuan media Big ‎Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.‎

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 499.221 Indonesian/Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khaira Uswati KS Khaira
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:36
Last Modified: 15 Aug 2023 09:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30786

Actions (login required)

View Item
View Item