Analisis Pelaksanaan Penaksiran Gadai Emas Pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh.

Fachri Muchti, 180603127 (2023) Analisis Pelaksanaan Penaksiran Gadai Emas Pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis   Pelaksanaan   Penaksiran   Gadai Emas   Pada   Pegadaian   Syariah   Kantor Cabang Banda Aceh.] Text (Analisis Pelaksanaan Penaksiran Gadai Emas Pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh.)
Fachri Muchti, 180603127, FEBI, PS, 083802772255.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Nilai taksiran digunakan sebagai acuan pencairan pinjaman yang akan diberikan dengan mengurangi bentuk risiko yang akan terjadi di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penaksiran Gadai Emas dan mengidentifikasi serta mengetahui upaya yang dihadapi dalam pelaksanaan penaksiran gadai emas pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan dalam penentuan penaksiran nilai barang gadai perhiasan emas berdasarkan harga emas, golongan, karatase, dan jenis barang. Penetapan harga pembiayaan emas 92% dari harga taksiran. Besaran pembiayaan yang diterima nasabah akan dikenakan biaya administrasi dan biaya pemeliharaan (mu’nah) per 10 (sepuluh) hari sesuai dengan jumlah uang pinjamannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penaksiran, Rahn emas, Pegadaian Syariah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Fachri Muchti
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:13
Last Modified: 15 Aug 2023 10:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30811

Actions (login required)

View Item
View Item