Analisis Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Kurikulum Sains Pada PTKIN Aceh

Fitriyawany, 2019088201 (2023) Analisis Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Kurikulum Sains Pada PTKIN Aceh. In: Analisis Integrasi Nilai-Nilai Islami Dalam Kurikulum Sains Pada PTKIN Aceh. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Kurikulum Sains Pada PTKIN Aceh] Text (Analisis Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Kurikulum Sains Pada PTKIN Aceh)
LP_P3T_2019-Fitriyawany.pdf - Published Version

Download (881kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui integrasi nilai-nilai islami dalam kurikulum sains PTKIN Aceh. Penelitian ini telah dilakukan pada tiga PTKIN Aceh yaitu UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IAIN Lhokseumawe, IAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, analisis dokumen berupa dukumen kurikulum, RPS, buku paduan akademik, observasi, FGD, dan triangulasi data. Analisis ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif analitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PTKIN dalam menumbuhkan nilai-nilai Islami dalam perncanaan dan pelaksanaan kurikulum pada PTKIN Aceh telah dilakukan melalui perumusan visi dan misi, sebaran mata kuliah pada kurikulum, Analisis RPS, dan pelaksanaan kegiatan perkuliahan yang berorientasi pada integrasi nilai-nilai islami. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai islami dalam kurikulum pada PTKIN Aceh beragam setiap PTKIN

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:59
Last Modified: 07 Nov 2023 08:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30820

Actions (login required)

View Item
View Item