Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Bahasa Arab

Tesya Salsabila, 190202173 (2023) Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Bahasa Arab. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Motivasi  Siswa Belajar Bahasa Arab] Text (Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Bahasa Arab)
upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan obeservasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti, sebagian besar para siswa -siswi kelas VIII kurang memperhatikan pembelajaran yang berkaitan dengan Pembelajaran bahasa Arab dengan baik dan kurangnya keinginan serta motivasi mereka untuk mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan media poster untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan penggunaan media poster untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengidentifikasi penggunaan media poster untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen (One Group Pre-test and Post-test Design ). Adapun hasil penelitian bahwa penggunaan media poster efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini terlihat dari hasil uji T-Test yang menunjukkan tingkat signifikansi (2- tailed) 0,00<0,05. Penggunaan media poster dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN 1 Banda Aceh sangat baik. Hasil observasi kegiatan guru sebesar 91,6% dengan nilai sangat baik, karena guru dapat mengajar dengan baik, menggunakan media dengan benar, dan menjawab pertanyaan siswa dengan baik. Dan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 95.8% dengan nilai yang sangat baik. Karena siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik, berdiskusi dengan kelompoknya, dan mampu membaca teks dengan baik dan benar serta mengajukan pertanyaan dengan bagus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tesya Salsabila Tesya
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:45
Last Modified: 16 Aug 2023 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30846

Actions (login required)

View Item
View Item