Efektifitas Penggunaan Media Stop Motion Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Belajar Mufradat (Studi Eksperimen Di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar)

Latifurrahmi Saputri, 180202073 (2023) Efektifitas Penggunaan Media Stop Motion Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Belajar Mufradat (Studi Eksperimen Di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektifitas Penggunaan Media Stop Motion Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Belajar Mufradat (Studi Eksperimen Di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar)] Text (Efektifitas Penggunaan Media Stop Motion Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Belajar Mufradat (Studi Eksperimen Di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar))
Latifurrahmi Saputri, 180202073, FTK, PBA, 081369269349.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar adalah guru mengajarkan kosakata dengan metode yang sangat monoton. Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti ingin mencoba memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan Stop Motion, yaitu suatu teknik yang dapat membuat benda mati tampak dapat bergerak sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas penggunaan media Stop Motion untuk meningkatkan kemampuan menghafal Mufradat siswa, dan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap penggunaan media Stop Motion untuk meningkatkan kemampuan menghafal Mufradat siswa pada kelas lima di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah media eksperimen dengan subjek One Group Pre-Test, Post Test Design. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner dan soal pree test dan post test. Adapun sampel yang dipilih oleh peneliti untuk penelitian ini adalah siswa kelas lima yang berjumlah 20 siswa. Adapun hasilnya bahwa Penggunaan media Stop Motion efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal Mufradat siswa kelas lima di sekolah MIS Al-Istiqamah Aceh Besar, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal Mufradat. Adapun kedua, bahwa respon siswa terhadap penggunaan media Stop

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Latifurrahmi Saputri
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:27
Last Modified: 21 Aug 2023 09:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30851

Actions (login required)

View Item
View Item