Penggunaan Permainan Bahasa “Kurrat Al-Kalam” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Mtst Daarut Tahfizh Al-Ikhlas

Nurul Yaqin, 190202116 (2023) Penggunaan Permainan Bahasa “Kurrat Al-Kalam” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Mtst Daarut Tahfizh Al-Ikhlas. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Permainan Bahasa “Kurrat Al-Kalam” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Mtst Daarut Tahfizh Al-Ikhlas] Text (Penggunaan Permainan Bahasa “Kurrat Al-Kalam” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Mtst Daarut Tahfizh Al-Ikhlas)
Nurul Yakin, 190202116, FTK, PBA, 082216705987.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

MTsT Daarut Tahfizh Al-Ikhlas merupakan salah satu sekolah yang bertempat di Aceh Besar. Bahasa Arab adalah mata pelajaran penting yang di pelajari disekolah tersebut. Peneliti melihat bahwa beberapa guru di sekolah ini menggunakan sedikit sarana pendidikan dalam pengajaran mereka, tetapi ada masalah yang menghambat tujuan pengajaran bahasa Arab, terutama dalam pengajaran keterampilan berbicara, misalnya beberapa siswa tidak berpartisipasi secara efektif dalam pembelajaran. proses pengajaran dan penerapan praktik bahasa Arab, dan mereka juga takut membuat kesalahan dan Kesulitan mendapatkan kata atau frase yang tepat untuk mengungkapkan ide tertentu. Situasi inilah yang menyebabkan siswa perempuan malas dan pesimis ketika mempelajari bahasa Arab, dan aplikasi tersebut gagal meningkatkan keterampilan berbicara. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen one group design (One Group Pre-Test Post Test). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan rubrik penelitian kalam, dan observasi langsung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 2, dan peneliti mengambil sampel siswa kelas 2 (C) yang berjumlah 26 siswa. Adapun hasilnya, peneliti menemukan bahwa penggunaan permainan bahasa “Kurrat Al-Kalam” efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di MTsT Daarut Tahfizh Al-Ikhlas. Varian ini menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test of Systems menghitung skor signifikansi pada tingkat signifikansi (Asymp. Sign (2-tailed)) 0.00 < 0.05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Yaqin
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:54
Last Modified: 18 Aug 2023 09:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30924

Actions (login required)

View Item
View Item