Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar

Putri Ayuanisah, 180207122 (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar] Text (Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar)
Putri Ayuanisah, 180207122, FTK, PBL, 082272729501.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Proses pembelajaran sering didapatkan guru lebih aktif dibandingkan siswa. Siswa di dalam kelas sangat sedikit yang berani menjawab pertanyaan dari guru maupun yang mengajukan pertanyaan kepada guru. Akibatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video animasi terhadap hasil belajar dan mengetahui respon siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimen Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 dan uji-t, pengolahan data yang diperoleh menunjukkkan bahwa thitung > ttabel yaitu sebesar 3,540 > 1,716, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Respon siswa terhadap model discovery learning menggunakan media video animasi, indikator motivasi diperoleh 98%, efektivitas 95% dan bahasa dan komunikasi 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Ayuanisah
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:51
Last Modified: 18 Aug 2023 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30935

Actions (login required)

View Item
View Item