Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Di Banda Aceh

Sakdiah, 201002026 (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Di Banda Aceh. Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana S3 Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Di Banda Aceh] Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Di Banda Aceh)
Sakdiah, 201002026, Pascasarjana, S3 PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35MB)

Abstract

Kepemimpinan memiliki peran sentral dalam pengelolaan lembaga, khususnya dalam ruang lingkup lembaga pendidikan. Keberhasilan sebuah lembaga sangat tergantung pada keuletan seorang pemimpin. Penelitian ini berfokus pada peran kepemimpinan kepala madrasah perempuan di Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepala madrasah perempuan, gaya kepemimpinan yang diterapkan, implikasi kepemimpinan terhadap peningkatan mutu madrasah serta prospek dan tantangan kepemimpinan kepala madrasah perempuan di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala madrasah perempuan di Banda Aceh dan observasi langsung di lingkungan madrasah. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi pola-pola dalam gaya kepemimpinan yang diamati dan menghubungkan dengan pencapaian mutu madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kepala madrasah perempuan memiliki kompetensi yang kuat dalam mengelola lembaga pendidiakan. Kepala madrasah menunjukkan keuletan dan ketekunan dalam menjalankan tugas kepemimpinan kepala madrasah. Gaya kepemimpinan yang penuh kasih sayang dan kepedulian terhadap seluruh anggota madrasah, menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan produktif. Hal ini berdampak positif pada peningkatan mutu madrasah secara keseluruhan. Prospek kepemimpinan kepala madrasah perempuan di Banda Aceh di masa depan tampak sangat menjanjikan. Gaya kepemimpinan yang mengedepankan kasih sayang dan kepedulian cenderung lebih diterima dan dihargai oleh anggota madrasah. Implikasinya, lingkungan madrasah akan semakin kondusif bagi pengembangan potensi dan prestasi siswa, guru dan staf. Meskipun demikian, tantangan dalam menghadapi berbagai dinamika dalam dunia pendidikan tetap ada, seperti senioritas dan asoe lhok yang sangat dominan berlaku di lingkungan madrasah dan termasuk perubahan regulasi, kurikulum serta tantangan teknologi. Temuan Gaya kepemimpinan demokrasi dan situasional yang bermodel kepemimpinan transformasional (melakukan pembaharuan) dengan ciri “kepemimpinan yang memiliki kepedulian atau kasih sayang (caring family leadership).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sakdiah Sakdiah
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:30
Last Modified: 21 Aug 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30997

Actions (login required)

View Item
View Item