Efektifitas permainan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara (Studi Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh)

Dian Agustin, 190202056 (2023) Efektifitas permainan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara (Studi Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektifitas permainan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara (Studi Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh)] Text (Efektifitas permainan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara (Studi Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh))
upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Min 8 Banda Aceh adalah salah satu sekolah tempat beliau mengajar bahasa Arab dan dimana siswa merasa kesulitan dalam mengajar percakapan, peneliti ini menemukan permasalahan, diantaranya keinginan siswa yang paling kecil untuk mengajar bahasa Arab, terutama dalam mengajar percakapan, dan tidak adanya permainan di sekolah tersebut dan kurangnya alat peraga bagi siswa dalam mengajar percakapan di SD Negeri 8 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari tentang penggunaan permainan "hide the word" pada percakapan, dan untuk mengetahui penggunaan permainan "hide the word" yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Komunitas dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester lima.Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok eksperimen B semester lima, dan jumlahnya 30 mahasiswa.Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah soal pre- dan post-test. Adapun hasil penelitian, penggunaan permainan dengan menggunakan permainan tebak-tebakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dibuktikan dengan hasil uji – tes (Test Wilcoxxon Sign Rank) Asymp Sig. (2-tailed) 0,00, yaitu kurang dari skor signifikansi 0,05. Tanggapan siswa negatif dalam menggunakan permainan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dian Agustin Dian
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:26
Last Modified: 21 Aug 2023 09:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31006

Actions (login required)

View Item
View Item