Pemanfaatan Ekstrak Chitin dari Limbah Kulit Udang Sebagai Biokoagulan dan Film Bioplastik untuk Menguraikan Dampak Pencemaran Lingkungan

Khairun Nisah, 2016027902 (2023) Pemanfaatan Ekstrak Chitin dari Limbah Kulit Udang Sebagai Biokoagulan dan Film Bioplastik untuk Menguraikan Dampak Pencemaran Lingkungan. In: Pemanfaatan Ekstrak Chitin dari Limbah Kulit Udang Sebagai Biokoagulan dan Film Bioplastik untuk Menguraikan Dampak Pencemaran Lingkungan. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfaatan Ekstrak Chitin dari Limbah Kulit Udang Sebagai Biokoagulan dan Film Bioplastik untuk Menguraikan Dampak Pencemaran Lingkungan] Text (Pemanfaatan Ekstrak Chitin dari Limbah Kulit Udang Sebagai Biokoagulan dan Film Bioplastik untuk Menguraikan Dampak Pencemaran Lingkungan)
LP_PDI_2019-Khairun Nisah.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Ketersediaan limbah kuit udang memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan chitin dan kitosan. Chitin dan kitosan merupakan senyawa polimer multifungsi, karena mengandung 3 jenis asam amino, gugus hidroksi primer dan sekunder. Dalam penelitian ini chitin dan kitosan digunakan sebagai bioplastik dan bioabsorben.Variabel penelitian berupa dosis penambahan kitosan ke dalam sampel bio plastic dan bioabsorben. Proses untuk memperoleh chitin dan kitosan melalui 3 tahapan, yaitu proses deproteinasi(proses penghilangan kandungan protein), proses demineralisasi(proses penghilangan kandungan mineral) dan proses deasetilasi(proses pembentukan kitin menjadi kitosan). Kondisi terbaik yang diperoleh untuk pembuatan bioplastik menghasilkan formasi ultrathin, labil, film berstrukturnano dengan tekstur jelas yang bagus. Kondisi terbaik yang diberikan chitosan dalam penjernihan air sunagi disekitar banda aceh sebesar 15 mg. Melalui penelitian ini, diketahui bahwa kitosan memiliki daya efektifitas yang tinggi sebagai adsorben untuk menjernihkan air.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 572 Biokimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:02
Last Modified: 07 Nov 2023 09:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31015

Actions (login required)

View Item
View Item