Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Kuta Baro Aceh Besar

Nurriska, 180207042 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Kuta Baro Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Kuta Baro Aceh Besar] Text (Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Kuta Baro Aceh Besar)
Nurriska, 180207042, FTK, PBL, 082338574932.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurang aktifnya peran peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yaitu media pembelajaran berbasis Macromedia Authoware 7.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Authoware 7.0 pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Kuta Baro, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 18 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara total sampling. Teknik pengumpulan data minat belajar siswa menggunakan lembar angket dan lembar observasi, sedangkan hasil belajar menggunakan test. Analisis data minat belajar dilakukan dengan rumus persentase dan analisis hasil belajar dilakukan dengan rumus N-Gain dan Uji-t. Hasil analisis minat pada pertemuan pertama menunjukkan hasil sebesar 58,3% dengan kriteria rendah kemudian pada pertemuan kedua menjadi 79,98% dengan kriteria Tinggi. Rata-rata hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah di SMPN 2 Kuta Baro dengan perolehan rata-rata nilai pre-test 34,44 dan post-test 85,83. Hasil uji-t di peroleh thitung > ttabel (9,47 > 2,110) dengan nilai N-Gain 0.79 dengan kategori Tinggi sehingga ha diterima dan ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Authoware 7.0 dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa di kelas VIII di SMPN 2 Kuta Baro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurriska Nurriska
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:43
Last Modified: 04 Sep 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31029

Actions (login required)

View Item
View Item