Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli yang Dimediasi Oleh Kepuasaan Konsumen (Studi Minimarket Indomaret Kota Banda Aceh)

Husnul Khatimah, 180602015 (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli yang Dimediasi Oleh Kepuasaan Konsumen (Studi Minimarket Indomaret Kota Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli yang Dimediasi Oleh Kepuasaan Konsumen (Studi Minimarket Indomaret Kota Banda Aceh)] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli yang Dimediasi Oleh Kepuasaan Konsumen (Studi Minimarket Indomaret Kota Banda Aceh))
Husnul Khatimah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Persaingan bisnis era globalisasi saat ini sangat berdampak terhadap perkembangan usaha yang dijalankan, seperti pada minimarket indomaret. Persaingan yang sangat pesat bukan hanya kualitas produk yang dipertahankan tetapi kualitas pelayanan yang baik juga mampu meningkatkan kepuasan konsumen sehingga berminat untuk membeli kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (assurance, reliability, tangibility, sincerity, personalization, dan formality) terhadap kepuasan dan minat beli konsumen pada minimarket indomaret dan pengaruh kualitas pelayanan (assurance, reliability, tangibility, sincerity, personalization, dan formality) yang memediasi kepuasan dan minat beli konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini dipilih secara random (acak) yang terdiri dari 200 responden masyarakat yang pernah berbelanja di Indomaret Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kuliatas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan minat beli konsumen pada minimarket indomaret. Analisis mediasi variabel kepuasan konsumen lebih kecil daripada variabel kualitas pelayanan (Assurance β = 0,4844, reliability β = 0,4874, tangibility β = 0,557, sincerity β = 0,555, personalization β = 0,548 dan formality β = 0,442) ke variabel minat beli konsumen. Secara keseluruhan fungsi mediasi berjalan sebagaimana mestinya karena pengaruh langsung lebih kecil daripada fungsi mediasinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.2 Kondisi Pekerjaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Husnul Khatimah Husnul
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:25
Last Modified: 22 Aug 2023 14:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31112

Actions (login required)

View Item
View Item