Pengaruh Akuntabilitas Transparansi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Lieue Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Zulfan Saputra, 180602100 (2023) Pengaruh Akuntabilitas Transparansi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Lieue Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Akuntabilitas Transparansi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Lieue Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar] Text (Pengaruh Akuntabilitas Transparansi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Lieue Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
Skripsi Zulfan Saputra 180602100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Untuk dapat mewujudkan pemerintahan desa dengan baik diperlukan efektivitas dalam mengelola dana desa. Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan dana desa diantaranya akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat terhadap efektivitas pengelolaan dana desa ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam Di Desa Lieue Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 64 responden yang terdiri masyarakat Desa Lieue. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu dengan mengedarkan pertanyaan dalam bentuyk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menguunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel akuntabilitas, transparansi dan partisipasi secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap variabel afektivitas pengelolaan dana desa dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 40,846 > 2,76. Akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana desa dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 2,581 > 2,000. Transparansi berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana desa dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 2,900 > 2,000. Partisipasi berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana desa dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 4,994 > 2,000.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.2 Kondisi Pekerjaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulfan Saputra Zulfan
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:56
Last Modified: 22 Aug 2023 14:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31131

Actions (login required)

View Item
View Item