Pengaruh Aplikasi Wattpad Terhadap Peningkatan Literasi Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 8 Banda Aceh

Teria Yulan Dari, 190503042 (2023) Pengaruh Aplikasi Wattpad Terhadap Peningkatan Literasi Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Aplikasi Wattpad Terhadap Peningkatan Literasi Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 8 Banda Aceh] Text (Pengaruh Aplikasi Wattpad Terhadap Peningkatan Literasi Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 8 Banda Aceh)
Teria Yulan Dari, 190503042, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Aplikasi Wattpad merupakan suatu aplikasi komunitas membaca online untuk menarik para remaja khusunya siswa untuk meningkatkan literasi mereka dalam membaca maupun menulis. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh aplikasi Wattpad terhadap peningkatan siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Banda Aceh pada bulan Mei 2023 dengan sampel yang berjumlah 37 siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan program SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil uji regresi linear, diperoleh hasil persamaan regresi Y = 8,851 + 0,815X. Konstanta mempunyai nilai sebesar 8,851 yang artinya apabila variabel aplikasi Wattpad konstan, maka Peningkatan Literasi sebesar 8,851. Aplikasi Wattpad (X) sebesar 0,815 yang artinya apabila mengalami kenaikan sebesar 1 satuan maka akan meningkatkan Literasi siswa sebesar 0,815. Hasil uji signifikansi menunjukkan nilai 0,00 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa Ha diterima sehingga adanya pengaruh yang signifikan antara aplikasi Wattpad dengan peningkatan literasi terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Koefesien determinasi (R Square) diperoleh sebesar 0,410 yang berarti bahwa pengaruh variabel X (Aplikasi Wattpad) terhadap variabel Y (Peningkatan Literasi) adalah 41%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian aplikasi wattpad berpengaruh terhadap peningkatan literasi siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Teria Yulan Dari Teria
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:27
Last Modified: 23 Aug 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31158

Actions (login required)

View Item
View Item