Penggunaan Media "Lauhatul Yadi" Dalam Pembelajaran "Dhamair" (Studi Eksperimental Di MIN 11 Banda Aceh)

Wulya Nafisah, 190202147 (2023) Penggunaan Media "Lauhatul Yadi" Dalam Pembelajaran "Dhamair" (Studi Eksperimental Di MIN 11 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media "Lauhatul Yadi" Dalam Pembelajaran "Dhamair" (Studi Eksperimental Di MIN 11 Banda Aceh)] Text (Penggunaan Media "Lauhatul Yadi" Dalam Pembelajaran "Dhamair" (Studi Eksperimental Di MIN 11 Banda Aceh))
Wulya Nafisah, 190202147, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktivitas siswa dan sekolah dalam menggunakan "lauhatu al-yadi" dan memahami efektivitasnya dalam mengajar "dhamair" di MIN 11 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Peneliti mengumpulkan data melalui tes dan observasi langsung. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas lima di MIN 11 Banda Aceh, dengan jumlah total 93 siswa. Sampel yang diambil oleh peneliti adalah Kelas V "B" dengan jumlah 26 siswa. Hipotesis diuji menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sekolah dalam mengorganisir proses belajar mengajar dinilai sangat baik dengan nilai 87,5, begitu juga dengan aktivitas siswa dalam menerima materi pelajaran yang dinilai baik dengan nilai 90. Hasil dari Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa penggunaan media "lauhatu al-yadi" efektif dalam mengajar "dhamair" dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wulya Nafisah
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:33
Last Modified: 23 Aug 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31165

Actions (login required)

View Item
View Item