Analisa Perbandingan Sensor Ldr Dengan Sensor Photo Transistor Pada Sun Tracker Tetrahedron

Nikmal Maula Mirda, 180211005 (2023) Analisa Perbandingan Sensor Ldr Dengan Sensor Photo Transistor Pada Sun Tracker Tetrahedron. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisa Perbandingan Sensor Ldr Dengan Sensor Photo Transistor Pada Sun Tracker Tetrahedron] Text (Analisa Perbandingan Sensor Ldr Dengan Sensor Photo Transistor Pada Sun Tracker Tetrahedron)
Nikmal Maula Mirda, 180211005, FTK, PTE, 082211499938.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Sun tracker tetrahedron adalah sebuah sun sun tracker yang menggunakan sensor cahaya dengan masing-masing sensor dipasang secara tetrahedron. Sensor tersebut akan bekerja untuk menggerakkan panel surya yang bergerak seiring dengan pergerakan cahaya matahari. Pada penelitian ini, terdapat dua jenis sensor yang berbeda yang digunakan pada dua buah sun tracker tetrahedron. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalisis perbedaan nilai tegangan, daya dan energi antara sun tracker tetrahedron berbasis sensor LDR dan sun tracker berbasis sensor phototransistor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode uji eksperimental. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen observasi. Proses penelitian dilakukan selama 9 jam dengan kondisi cuaca yang diterima oleh kedua sun tracker sama. Selisih perbedaan nilai tegangannya yaitu 35.36%. Selisih perbedaan nilai arusnya yaitu 35.35%. Selisih perbedaan nilai daya antara kedua sun tracker adalah 64.34%. Selisih perbedaan nilai energi adalah 64.42%. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa sun tracker berbasis sensor phototransistor memiliki nilai tegangan, arus, daya dan energi yang lebih baik dibandingkan dengan sun tracker berbasis sensor LDR.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Nikmal Maula Mirda
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:48
Last Modified: 23 Aug 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31171

Actions (login required)

View Item
View Item