Studi Toleransi dan Multikultural Menuju Moderasi Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Akademisi di Perguruan Tinggi (Analisis Komperatif UIN Ar-Raniry dan UIN Antasari)

M. Hasbi Amiruddin, 2012115301 (2023) Studi Toleransi dan Multikultural Menuju Moderasi Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Akademisi di Perguruan Tinggi (Analisis Komperatif UIN Ar-Raniry dan UIN Antasari). In: Studi Toleransi dan Multikultural Menuju Moderasi Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Akademisi di Perguruan Tinggi (Analisis Komperatif UIN Ar-Raniry dan UIN Antasari). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Studi Toleransi dan Multikultural Menuju Moderasi Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Akademisi di Perguruan Tinggi (Analisis Komperatif UIN Ar-Raniry dan UIN Antasari)] Text (Studi Toleransi dan Multikultural Menuju Moderasi Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Akademisi di Perguruan Tinggi (Analisis Komperatif UIN Ar-Raniry dan UIN Antasari))
Prof. Dr. M. Hasbi Amiruddin, MA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (991kB)

Abstract

Penelitian ini megeksplorasi perspektif akademisi pada Universitas Islam Negeri Ar- Raniry dan Universitas Islam Negeri Antasari tentang toleransi dan multikulturalisme dalam upaya membangun moderasi. Toleransi dan multikulturalisme pada ranah praksis terlihat begitu mengkhawatirkan yang ditandai oleh berbagai teror dan konflik dalam masyarakat. Akademisi dipandang memiliki peran dan kontribusi yang signifikan dalam membangun kehidupan harmonis dan menciptakan kerukunan beragama melalui sektor pendidikan di Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan studi lapangan dengan teknik pengumpulan data wawancara serta menggunakan teknis analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan para akademisi baik di UIN Ar- Raniry maupun di UIN Antasari memiliki sikap, pemahaman dan kebijakan yang mengedepankan nilai-nilai toleransi dan multikulturalisme. Atas dasar ini, penelitian ini menyimpulkan bahwa Perguruan Tinggi Islam memiliki potensi besar dan dapat diandalkan guna membangun moderasi agama.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:06
Last Modified: 07 Nov 2023 08:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31334

Actions (login required)

View Item
View Item