Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Lam Ujong Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar

Neti Wirda, 190405080 (2023) Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Lam Ujong Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Lam Ujong Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar] Text (Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Gampong Lam Ujong Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar)
Skripsi Neti Wirda _190405080_ revisi 18 Agustus 2023.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Badan usaha milik gampong (BUMG) merupakan perusahaan gampong yang dapat mendorong masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Di Desa Lam Ujong Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar memiliki kendala dalam bentuk kepengurusan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi penghambat dalam BUMG. Oleh karena karena itu tujuan dari peneliti untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong di desa Lam Ujong, kecamatan Baitussalam, kabupaten Aceh Besar,dan untuk mengetashui bagaimana dampak terhadap kesejahteraan masyarakat di Gampong Lam Ujong Kecamatan Baitussalam, kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan 12 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dari segi perencanaan unit usaha BUMG. BUMG memasarkan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terkait barang dan jasa yang di sediakan masyarakat mengetahui hal tersebut melalui informasi dari mulut ke mulut, BUMG belum memasarkan atau memperkenalkan produk dengan menggunakan spanduk, baliho dan lain-lain. Dalam pengelolaan produksi unit usaha garam pihak dari pengelola BUMG belum memasarkan ke media sosial sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya usaha garam di Gampong Lam Ujong Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Neti Wirda Neti
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:32
Last Modified: 28 Aug 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31336

Actions (login required)

View Item
View Item