Kerukunan Antar Umat Beragama (Analisis Fenomenologis Keharmonisan Dan Toleransi Di Provinsi Provinsi Aceh)

Nurdin AR, 2025085802 (2023) Kerukunan Antar Umat Beragama (Analisis Fenomenologis Keharmonisan Dan Toleransi Di Provinsi Provinsi Aceh). In: Kerukunan Antar Umat Beragama (Analisis Fenomenologis Keharmonisan Dan Toleransi Di Provinsi Provinsi Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kerukunan Antar Umat Beragama (Analisis Fenomenologis Keharmonisan Dan Toleransi Di Provinsi Provinsi Aceh)] Text (Kerukunan Antar Umat Beragama (Analisis Fenomenologis Keharmonisan Dan Toleransi Di Provinsi Provinsi Aceh))
Drs. Nurdin AR, M. Hum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada tiga aspek berupa; strategi menciptakan kerukanan antar umat beragama di Aceh, peran Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) di provinsi Aceh, dan hambatan dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama di provinsi Aceh. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 79 orang terdiri dari; ketua dan anggota FKUB pada tiga kabupaten dan kota serta FKUB provinsi Aceh, tokoh agama, dan masyarakat. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan; (1) Kerukunan antar umat beragama di provinsi Aceh terbina dengan baik dan damai. Adapun strategi menciptakan kerukunan meliputi lima strategi, yaitu: toleransi, kesetaraan, kerja sama, saling menghargai, dan komunikasi; (2) FKUB telah melaksanakan peran secara optimal dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama di Aceh; dan (3) FKUB masih mengalami hambatan dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama di provinsi Aceh, berupa faktor sosiologis, internal dan eksternal. Namun demikian, secara keseluruhan hambatan tersebut dapat diatasi oleh FKUB di provinsi Aceh.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:01
Last Modified: 07 Nov 2023 08:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31391

Actions (login required)

View Item
View Item