Kompetensi Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Negeri Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 di Aceh

Fithriani, M. Ag, 2001127504 (2023) Kompetensi Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Negeri Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 di Aceh. In: Kompetensi Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Negeri Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kompetensi Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Negeri Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 di Aceh] Text (Kompetensi Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Negeri Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 di Aceh)
Fithriani, M. Ag.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesionalisme guru Madrasah Aliyah Negeri dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 di Aceh. Motode penelitian yang digunakan kualitatif, subjek 3 kepala Madrasah dan 60 orang guru yang bertugas pada 3 Madrasah Aliyah Negeri di provinsi Aceh yang ditentukan secara purposive. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian, profesionalisme guru pada Madrasah Aliyah Negeri di provinsi Aceh dalam menyongsong era industri 4.0 sudah bagus dengan indikator ketermpilan guru menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan media berbasis web, menggunakan variasi metode mengajar, menggunakan pendekatan student centered, menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan pengembangan interaksi pembelajaran. Profesionalisme guru pada Madrasah Aliyah Negeri di provinsi Aceh berimplikasi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran yang ditandai peningkatan motivasi belajar dan peningkatan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Strategi pengembangan profesionalisme guru dalam menyongsong era industri 4.0 dilakukan dengan pendidikan lanjutan ke magister (S2), program pelatihan pengembangan profesionalisme guru. Sementara kendalanya disebabkan faktor internal guru dan faktor ekternal program madrasah.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:27
Last Modified: 07 Nov 2023 08:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31392

Actions (login required)

View Item
View Item