Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Siswi Di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh.

Lailatul Isra, 190202095 (2023) Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Siswi Di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Siswi Di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh.] Text (Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Siswi Di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh.)
Lailatul Isra, 190202095, FTK, PBA, 082164341949 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Darul ‘Ulum adalah salah satu pondok pesantren Modern yang terletak di Banda Aceh. Berdasarkan pengamatan pertama yang dilakukan oleh peneliti, peneliti mendapatkan bahwa guru-guru bahasa arab di Dayah modern Darul Ulum belum menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajarannya. Akan tetapi guru-guru di Dayah ini hanya menggunakan metode ceramah. Dan peneliti juga melihat bahwa santri di Dayah Modern Darul Ulum ini belum bisa membaca teks Bahasa Arab dengan bacaan yang benar dan mereka tidak mengerti isi bacaan teks yang telah mereka baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswa pada saat penggunaan Metode Index Card Match dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Index Card Match untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di Dayah Darul ‘Ulum Banda Aceh tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain (One Group Pre-Test Post Test Design). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-tes dan post-tes dan observasi langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Darul ‘Ulum yang belajar pelajaran bahasa Arab yang berjumlah 516 siswa. Dan adapun sampelnya berjumlah 30 santriwati dikelas 1-D. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan metode Index Card Match dalam pembelajaran maharah qiraah sangat baik, hal ini ditunjukkan dari hasil observasi langsung kegiatan aktifitas guru adalah 87%, dan hasil kegiatan aktifitas siswa adalah 90% keduanya berada diantara kisaran 81-100% dengan kategori sangat baik. Penggunaan metode Index Card Match ini juga dapat berpengaruh pada kemampuan membaca siswa, dilihat berdasarkan nilai pre test dan postest yang dihasilkan siswa dengan tingkat sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwasanya penggunaan metode Index Card Match berpengaruh dapat meningkatkan kemampuan maharah qiraah siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lailatul Isra Laila
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:33
Last Modified: 28 Aug 2023 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31413

Actions (login required)

View Item
View Item