Penerapan Mtode Card Sort Dalam Pembelajaran Kitabah (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh)

Zatul Munira, 190202066 (2023) Penerapan Mtode Card Sort Dalam Pembelajaran Kitabah (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Mtode Card Sort Dalam Pembelajaran Kitabah )Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh(] Text (Penerapan Mtode Card Sort Dalam Pembelajaran Kitabah )Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh()
Zatul Munira, 190202066, FTK, PBA, 082286591274.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di MTsN 1 Banda Aceh peneliti menemukan bahwa proses pembelajaran guru mata pelajaran Bahasa Arab khususnya pada maharah kitabah hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga tidak semua siswa merespon dan terlibat secara aktif selama pembelajaran dan kebanyakan dari siswa tidak mampu menulis kalimat dalam bahasa Arab dengan benar dan tepat. Bahkan ada yang masih kesulitan dalam membedakan bentuk isim dan fi’il. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti tertarik untuk menerapkan metode card sort dalam pembelajaran kitabah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penerapan metode card sort dalam pembelajaran kitabah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan tipe one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan tes sebelum eksperimen dan setelahnya. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 417 siswa dan sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas 2-11 yang berjumlah 38 siswa. Dan hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode card sort efektif dalam pembelajaran kitabah. Hal ini dibuktikan dari perkiraan hasil nilai observasi kegiatan guru dengan nilai P= 90,27% dan kegiatan siswa dengan nilai P= 89,28%, keduanya berada pada batasan 81%-100% yang berarti sangat baik. Adapun hasil uji Wilcoxon pre-test dan post-test memperoleh hasil tingkat signifikan (2-tailed) 0,00<0,05. Ini menunjukkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zatul Munira Zatul
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:33
Last Modified: 28 Aug 2023 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item
View Item