Sertifikasi Produk Halal Menurut Undang-Undang Jaminan Produk Halal (Penelitian pada PT Perkebunan Nusantara IV Unit Sosa Kabupaten Padang Lawas)

Aufa Nura, 191009001 (2023) Sertifikasi Produk Halal Menurut Undang-Undang Jaminan Produk Halal (Penelitian pada PT Perkebunan Nusantara IV Unit Sosa Kabupaten Padang Lawas). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Sertifikasi Produk Halal Menurut Undang-Undang Jaminan Produk Halal (Penelitian pada PT Perkebunan Nusantara IV Unit Sosa Kabupaten Padang Lawas)] Text (Sertifikasi Produk Halal Menurut Undang-Undang Jaminan Produk Halal (Penelitian pada PT Perkebunan Nusantara IV Unit Sosa Kabupaten Padang Lawas))
08-FULL TESIS NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

PT Perkebunan Nusantara IV sosa adalah perusahaan yang bergerak di bidang agroindustry yang menghasilkan Crude Palm Oil (minyak mentah) dan inti sawit yang keduanya ini sudah bersertifikat halal. Untuk memenuhi tuntutan pasar PT Perkebunan Nusantara IV juga sudah melakukan sertifikasi manajemen maupun produknya seperti sertifikasi halal, Sertifikasi RSPO, Sertifikasi ISPO, Sertifikasi SMK3, Sertifikasi ISCC, Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001. Atas dasar inilah penelitian ini bertujuan untuk meneliti, mengetahui dan melihat proses produksi yang dilakukan oleh PTPN IV yang sudah bersertifikat halal sesuaikah dengan Undang-Undang Jaminan Produk Halal dan produk yang mereka hasilkan apakah benar bersih, halal, higienis, steril dan halalan tayyiba. Karenanya, penelitian ini berusaha menjawab permasalahan, bagaimana proses sertifikasi halal yang ditempuh oleh PT Perkebunan Nusantara IV Unit Sosa Kabupaten Padang Lawas untuk mendapatkan sertifikasi halal. Bagaimana analisis Undang-Undang jaminan produk halal pada PT Perkebunan Nusantara IV Unit Sosa Kabupaten Padang Lawas. Untuk menjawab masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan melalui hasil observasi dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan Penalaran deduktif. Penelitian ini menemukan: 1) Proses Sertifikasi Halal pada PT Perkebunan Nusantara IV Unit Sosa Kabupaten Padang Lawas dilaksanakan dengan dibentuknya tim manajemen halal yang bertugas menyusun, mengelola dan mengevaluasi sistem jaminan halal. Melakukan tindakan yang diperlukan dalam melakukan SJH (Sistem Jaminan Halal). Mempersiapkan dokumen bahan yang diperlukan untuk memperoleh Sertifikasi Halal dan mempersiapkan bahan baku yang halal, bersih dan tidak terkena najis. 2) Analisis Undang-Undang Jaminan Produk Halal pada PT Perkebunan Nusantara IV Unit Sosa Kabupaten Padang Lawas menggunakan Teori Tujuan Hukum. yakni memberikan kepastian kepada konsumen bahwa produk yang dijual sudah bersertifikat halal. Memberikan Manfaat kepada konsumen didalam negeri dan luar negeri bahwa dengan membeli CPO maka tidak diperlukannya mengurus bahan baku bersertifikasi Halal untuk memproduksi minyak goreng karena yang dibeli sudah bersertifikat halal. Memberikan keadilan kepada konsumen dan perusahaan bahwa produk yang sudah bersertifikat halal menguntungkan bagi keduanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.91 Makanan dan Minuman
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Aufa Nura Aufa
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:00
Last Modified: 29 Aug 2023 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31460

Actions (login required)

View Item
View Item