Pengembangan Media Seven In One pada Pembelajaran Matematika di SD/MI

Nida Jarmita, 2023028401 (2023) Pengembangan Media Seven In One pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. In: Pengembangan Media Seven In One pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Seven In One pada Pembelajaran Matematika di SD/MI] Text (Pengembangan Media Seven In One pada Pembelajaran Matematika di SD/MI)
LP_PDI_2019-Nida Jarmita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi membawa pengaruh positif terhadap pembelajaran di sekolah. Hal ini menyebabkan guru sebagai pelopor utama pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah dengan merancang media seven in one. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang terbuat dari kotak catur yaitu seven in one. Data diperoleh dari lembar validasi dan angket diolah dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan penggunaan media seven in one. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli media baik dari aspek bahan dan aspek pemanfaatan yaitu dengan persentase masing-masing 100% dan 96,9%. Demikian juga penilaian dari ahli materi yaitu dengan persentase 100% yang menunjukkan kriteria sangat valid. Pengembangan media seven in one ditinjau dari uji kepraktisan dinyatakan praktis untuk diterapkan pada siswa kelas V SD/MI berdasarkan beberapa indikator yaitu: Indikator kemudahan, kejelasan, kesesuian, tampilan, dan kemenarikan. Masing-masing memperoleh persentasenya 87,1%, 87,1%, 89,2%, 90,8%, dan 90,85%. Demikian juga halnya respon guru terhadap indikator kemudahan, kejelasan, kesesuian, tampilan, dan kemenarikan. Masing-masing memperoleh persentasenya 97,5%, 92,5%, 97,5 %, 77,5%, dan 96,2%.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:04
Last Modified: 07 Nov 2023 09:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31472

Actions (login required)

View Item
View Item