Tatwir Maddah Al-Imla' Al-Manqul Bi Waraqah Al-'Amal (LKPD) 'Ala Asas Al-Isti'lam Al-Muwajjah "Guided Inquiry" Li Tahsin Qudrah At-Talibat 'Ala Takwin Al-Huruf Al-Hija'iyyah

Nanda Aulianza Zai, 191004014 (2023) Tatwir Maddah Al-Imla' Al-Manqul Bi Waraqah Al-'Amal (LKPD) 'Ala Asas Al-Isti'lam Al-Muwajjah "Guided Inquiry" Li Tahsin Qudrah At-Talibat 'Ala Takwin Al-Huruf Al-Hija'iyyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tatwir Maddah Al-Imla' Al-Manqul Bi Waraqah Al-'Amal (LKPD) 'Ala Asas Al-Isti'lam Al-Muwajjah "Guided Inquiry" Li Tahsin Qudrah At-Talibat 'Ala Takwin Al-Huruf Al-Hija'iyyah] Text (Tatwir Maddah Al-Imla' Al-Manqul Bi Waraqah Al-'Amal (LKPD) 'Ala Asas Al-Isti'lam Al-Muwajjah "Guided Inquiry" Li Tahsin Qudrah At-Talibat 'Ala Takwin Al-Huruf Al-Hija'iyyah)
Repository-tesis (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Siswa pada Pesantren Modern Al-manar mempelajari Bahasa Arab, dan dikelas dua Tsanawiyah para siswa mulai mempelajari imla’ dengan diktean guru setiap waktu nya, Adapun pembelajaran yang dilaksanakan selama ini hanya berpusat pada guru. Dan dalam proses prakteknya peneliti menemukan beberapa kendala yang dialami oleh siswa. Yaitu terdapat beberapa siswa tidak mampu menulis rangkaian huruf hijaiyah dalam bentuk kalimat Bahasa arab dengan benar, dan beberapa dari siswa lainnya kesulitan dalam mengingat bentuk tulisan huruf hijaiyah pada kalimat yang didiktekan oleh guru. Sehingga hal tersebut berdampak pada nilai yang didapatkan siswa dalam pembelajaran imla’, permasalahan diatas juga disebabkan oleh kurangnya Latihan siswa dalam merangkai huruf hijaiyah dan kurangnya kemampuan guru bidang studi untuk membuat media menarik dalam mengajar imla’. penelitian ini bertujuan untuk pengembangan materi imla’ manqul dengan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dan pengaruhnya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam merangkai huruf hijaiyah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik Pengumpulan Data adalah wawancara, observasi, angket dan test (pree test dan post test). Analisis data nya adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif yaitu dengan sample paired T-Test. peneliti menggunakan aplikasi SPSS statistic 25. Populasi penelitian adalah seluruh siswi kelas II tsanawiyah pesantren modern al-manar yang berjumlah 126 siswi dengan sampel siswi kelas II (E) yang berjumlah 30 siswi. Dan hasil penelitiannya adalah pengembangan maddah imla’ manqul dengan LKPD berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan lima Langkah: analisis kebutuhan dan masalah, desain produk, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Produk tersebut memperoleh nilai validasi 82,14% (istimewa) pada tahap pertama dan 85,71% (istimewa) pada tahap kedua. Adapun pengaruhnya adalah efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam merangkai huruf hijaiyah, berdasarkan dari nilai probabilitas untuk data pree test dan post test yaitu 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nanda Aulianza Zai Nanda
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:24
Last Modified: 29 Aug 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31506

Actions (login required)

View Item
View Item