Pengembangan Sistem Jaringan LAN menjadi VLAN Dalam Bentuk Simulasi Menggunakan Cisco Packet Tracer Di MTsN 2 Banda Aceh

Vitria Amalia, 180212072 (2023) Pengembangan Sistem Jaringan LAN menjadi VLAN Dalam Bentuk Simulasi Menggunakan Cisco Packet Tracer Di MTsN 2 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Jaringan Komputer, LAN, VLAN, ACLs, Cisco Packet Tracer.] Text (Jaringan Komputer, LAN, VLAN, ACLs, Cisco Packet Tracer.)
Vitria Amalia, 180212072, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MTsN 2 Banda Aceh, terdapat suatu permasalahan pada layanan jaringan komputer dan keamanan jaringan yang belum maksimal, karena masih kurangnya perangkat jaringan seperti switch, hub dan router. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses analisa dan pengembangan sistem jaringan LAN menjadi VLAN dalam bentuk simulasi menggunakan Cisco Packet Tracer. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif dimana data yang diambil dari referensi pengumpulan informasi menggunakan studi literatur dan menggunakan model ADDIE sebagai model pengemabangan sistem jaringan. Simulasi jaringan VLAN ini menggunakan ACLs (Access Control List) untuk membuat pembatasan hak akses jalur jaringan yang tersedia. Pada pengujian VLAN terdapat Successfull dan Failed dikarenakan berdasarkan hak akses yang telah ditentukan pada masing-masing VLAN. Dengan menggunakan VLAN, maka dapat memisahkan perangkat-perangkat yang memiliki keamanan berbeda atau akses yang berbeda. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Cisco Packet Tracer dapat memudahkan simulator dalam membuat sebuah desain jaringan menjadi lebih optimal dan cepat. Akses antar jaringan lokal menjadi lebih cepat dikarenakan jaringan VLAN berhasil digunakan untuk mengelompokkan jaringan berdasarkan perannya masing-masing. Kecepatan jaringan VLAN menentukan pada fisik koneksi dalam VLAN dan kecepatan transfer data di dalam jaringan VLAN.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Vitria Amalia Vitria
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:17
Last Modified: 30 Aug 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31581

Actions (login required)

View Item
View Item