Peran Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Dalam Melakukan Pengawasan Terhadap Kualitas Depot Air Minum Isi Ulang Di Kota Banda Aceh

Rinu Alhusna, 160802138 (2023) Peran Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Dalam Melakukan Pengawasan Terhadap Kualitas Depot Air Minum Isi Ulang Di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh] Text (Peran Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh)
Rinu Alhusna, 160802138, FISIP, IAN, 082123895110 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Depot air minum isi ulang adalah salah satu badan usaha yang bergerak dalam mengelola air minum untuk keperluan masyarakat dalam bentuk curah dan tidak dikemas. Kecenderungan masyarakat alam mengkonsumsi air minum isi ulang semakin besar, sehingga depot air minum isi ulang tumbuh dimana-mana sehingga perlu adanya pengawasan dari pihak Dinas Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Dinas Kesehatan kota Banda Aceh dalam melakukan pengawasan terhadap kualitas depot air minum isi ulang di kota Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan nyata. Sumber datanya yaitu primer, dimana data tersebut diperoleh langsung dari proses wawancara yang dilakukan peneliti. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya tindak lanjut dalam pengawasan air minum isi ulang di kota Banda Aceh. Kemudian kesadaran dari pihak pemilik usaha depot masih kurang aktif. Responsivitas Dinas Kesehatan belum terlihat maksimal dan bisa dikatakan belum cukup baik karena kurangnya pemahaman masyarakat dalam menyampaikan keluhan terhadap depot air minum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rinu Alhusna
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:15
Last Modified: 01 Sep 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31582

Actions (login required)

View Item
View Item