Penggunaan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Jamak dan Menerapkan dalam Kalimat di Pesantren al-Falah Abu Lam’u Aceh Besar

Putri Raihan Asy-Syifa, 170202124 (2023) Penggunaan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Jamak dan Menerapkan dalam Kalimat di Pesantren al-Falah Abu Lam’u Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan  Kemampuan Siswa terhadap Jamak dan Menerapkan dalam Kalimat di Pesantren al-Falah Abu Lam’u Aceh Besar] Text (Penggunaan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Jamak dan Menerapkan dalam Kalimat di Pesantren al-Falah Abu Lam’u Aceh Besar)
Putri Raihan Asy-Syifa, 170202124, FTK, PBA, 082184900512.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengajaran nahwu adalah hal yang penting dalam pengajaran bahasa Arab, tanpa belajar nahwu akan sulit untuk memahami bahasa. Peneliti menemukan bahwa siswa di pesantren Al-Falah Abu Lam’u tidak dapat membentuk kalimat dari kata yang berbentuk jamak taksir, jamak muzakarissalam dan jamak muannasissalim dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan permainan ular tangga dalam pembelajaran nahwu yakni pembelajaran jamak dan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa saat menggunakan permainan ini dalam proses pembelajaran. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di pesantren Al-Falah Abu Lam’u yang berjumlah 278 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas IX C yang berjumlah 24 siswa. Adapun dari hasil penelitian, penggunaan permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap jamak dan menerpkannya ke dalam kalimat dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon Sing Rank Test, yang diperoleh tingkat signifikansi Asymp. Sig. 2-tailed 0,000 lebih kecil dari hasil taraf signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kemudian kegiatan guru dan siswa pada saat menggunakan permainan ular tangga, seperti yang tertera pada bukti kedua lembar observasi bahwa observasi untuk guru diperoleh hasil P = 75%, dan observasi untuk siswa diperoleh hasil P = 72,5%, keduanya menunjukkan bahwa mereka berada di antara batas 61-80, dan ini menunjukan bahwa kegiatan guru dan siswa pada saat menggunakan permainan ular tangga dalam pembelajaran jamak itu baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga, Jamak, Penerapan dalam Kalimat
Subjects: 200 Religion (Agama)
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Raihan Asy-Syifa
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:27
Last Modified: 30 Aug 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31583

Actions (login required)

View Item
View Item