Implementasi Sistem Informasi Pendukung Akreditasi Berbasis Web pada Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry

Malahayati, 2027018303 (2023) Implementasi Sistem Informasi Pendukung Akreditasi Berbasis Web pada Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry. In: Implementasi Sistem Informasi Pendukung Akreditasi Berbasis Web pada Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Sistem Informasi Pendukung Akreditasi Berbasis Web pada Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry] Text (Implementasi Sistem Informasi Pendukung Akreditasi Berbasis Web pada Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry)
LP_PDPS_2019-Malahayati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Dokumen pendukung borang akreditasi adalah bagian terpenting dalam proses pengajuan akreditasi. Namun hingga saat ini proses pencarian dan pengumpulan dokumen pendukung borang akreditasi masih dilakukan secara manual. Penggunaan teknologi informasi dalam bentuk implementasi sistem informasi dapat membantu pencarian dokumen pendukung borang akreditasi agar lebih terotomatisasi dengan mengikuti proses bisnis yang berjalan selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pendukung akreditasi berbasis web pada prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry. Proses perancangan merujuk pada Peraturan BAN PT No. 2/2019 dan telah mengikuti instrumen terbaru yaitu instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 selanjutnya diberi nama SIDASI 4.0. Aktifitas yang diimplementasikan pada sistem SIDASI 4.0 adalah rincian tentang dokumentasi elektronik yang terdiri dari: 1) tata palong; tata kelola dan kerjasama; 2) Mahasiswa; 3) Sumber Daya Manusia; 4) Keuangan, Sarana dan Prasaran; 5) Pendidikan; 6) Penelitian; 7) Pengabdian kepada Masyarakat; dan 8) Luaran dan Capaian Tridharma program studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Metode penelitian yang dipilih adalah metode Rapid Application Development (RAD). Proses perancangan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MYSQL SIDASI 4.0 hanya dapat diakses oleh pengguna yang sudah terlebih dahulu diregistrasikan oleh admin dan telah memperoleh ID dan Password. Hasil penelitian ini adalah SIDASI 4.0 merupakan bentuk dokumentasi digital dari keseluruhan kegiatan program studi Teknologi Informasi yang diperlukan untuk Akreditasi Program Studi.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:08
Last Modified: 07 Nov 2023 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31605

Actions (login required)

View Item
View Item