Studi Kompetensi Unit Pelaksana PPL pada PTKIN di Provinsi Aceh

Mashuri, 2015037103 (2023) Studi Kompetensi Unit Pelaksana PPL pada PTKIN di Provinsi Aceh. In: Studi Kompetensi Unit Pelaksana PPL pada PTKIN di Provinsi Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Studi Kompetensi Unit Pelaksana PPL pada PTKIN  di Provinsi Aceh] Text (Studi Kompetensi Unit Pelaksana PPL pada PTKIN di Provinsi Aceh)
LP_PDPS_2019-Mashuri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (867kB)

Abstract

Pengelola unit pelaksana PPL pada PTKIN, karena sangat penting dalam upaya menjadikan mahasiswa calon guru yang kompeten. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, sebagai calon pendidik, harus memiliki kompetensi keguruan, berupa kemampuan dan keterampilan dalam mengelola pembelajaran dengan baik dan benar. Kemampuan dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Kemampuan dan keterampilan ini ditunjukkan dengan kemampuan dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakana pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran. Realitasnya berdasarkan informasi awal yang diperoleh dan juga berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ditemukan mahasiswa PPL yang belum melaksnakan kompetensi keguruan secara maksimal, seperti mahasiswa PPL belum menggunakan metode yang bervariasi, belum menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, di samping itu juga masih ditemukan mahasiswa yang belum disiplin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berupaya untuk menafsirkan fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi keguruan mahasiswa PPL pada umumnya sudah baik. Hanya perlu penguatan pada bidang pengembangan model pembelajaran yang variatif. Ada dua faktor yang mempengaruhi kompetensi mahasiswa di sekolah, yaitu faktor internal dan eksternal. Kompetensi non pembelajaran mahasiswa PPL sudah baik, khususnya kompetensi kepribadian. Hanya pada aspek kompetensi social perlu penguatan. Kemudian peran unit PPL dalam proses pelaksanaannya sejak persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut berjalan baik. Hanya saja perlu peningkatan koordinasi antara unit PPL dengan sekolah, khususnya terkait persiapan PPL.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:08
Last Modified: 07 Nov 2023 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31606

Actions (login required)

View Item
View Item