Pengaruh Jurusan pada Sekolah Menengan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif dan Masa Studi Mahasiswa

Sabaruddin, 2024118703 (2023) Pengaruh Jurusan pada Sekolah Menengan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif dan Masa Studi Mahasiswa. In: Pengaruh Jurusan pada Sekolah Menengan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif dan Masa Studi Mahasiswa. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Jurusan pada Sekolah Menengan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif dan Masa Studi Mahasiswa] Text (Pengaruh Jurusan pada Sekolah Menengan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif dan Masa Studi Mahasiswa)
LP_PDPS_2019-Sabaruddin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Prestasi belajar mahasiswa merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan mahasiswa di masa depannya. Prestasi belajar mahasiswa di Perguruan Tinggi umumnya diukur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Fakta yang terjadi di Indonesia, kiranya jurusan IPS menjadi tempat penampungan bagi siswa yang tidak dapat di juruskan. Perbedaan antara jurusan IPA, IPS, dan Kejuruan. Siswa jurusan IPA dikenal dengan ketekunan dalam belajar, karena mata pelajaran mereka yang berwujud hitungan menuntut konsentrasi dan keseriusan yang tinggi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh jurusan pada sekolah menengah terhadap indeks prestasi kumulatif dan masa studi mahasiswa prodi pendidikan fisika FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dilakukan secara retrospektif dengan menggunakan hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. sampel dalam penelitian ini seluruh mahasiswa prodi pendidikan fisika yang masuk pada tahun akademik 2014/2015. Analisis data menggunakan uji anova dengan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F) regresi ganda dengan tingkat kepercayaan α lebih kecil dari 0,05 untuk Uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisi data maka diperoleh nilai Ftabel adalah 3,06. Fhitung < Ftabel v (0,078 < 3,06) berdasarkan kriteria pengujian F maka H0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwah jurusan pada sekolah menengah tidak mempengaruhi indeks prestasi kumulatif dan masa studi mahasiswa pendidikan fisika FTK UIN Ar-Raniry.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:09
Last Modified: 07 Nov 2023 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31614

Actions (login required)

View Item
View Item