Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Melalui Metode Debat Aktif

Tarmizi Ninoersy, 2019087903 (2023) Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Melalui Metode Debat Aktif. In: Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Melalui Metode Debat Aktif. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Melalui Metode Debat Aktif] Text (Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Melalui Metode Debat Aktif)
LP_PDPS_2019-Tarmizi Ninoersy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh Melalui Metode Debat Aktif ini bertujuan untuk memahami tingkat efektifitas dan kemampuan Muhadatsah mahasiswa semester genap 2018-2019 prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan menggunakan pola atau metode debat aktif menuju student centered learning serta kendala-kendala yang dihadapi dalam transformasi pola perkuliahan Muhadatsah pada prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu konsep penelitian yang dilaksanakan secara intensif, terperinci, komprehensif dan mendalam, yaitu menggunakan eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain control group pretest posttes desaign. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dengan pendekatan kualitatif yang merupakan angka-angka analisis statistik dengan menggunakan metode eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dalam kondisi yang terkendali. Dalam hal ini, yang dimaksudkan adalah Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Melalui Metode Debat Aktif. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan metode debat aktif dan variabel terikat berupa pola perkuliahan Muhadatsah mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah 8 unit perkuliahan mahasiswa semester genap 2018- 2019 yang berjumlah 205 mahasiswa pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Teknik sampel yang digunakan adalah sample random sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 53 mahasiswa dari unit 02 dan 07. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, eksperimen, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara berulang-ulang dengan sistem reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penghitungan menunjukkan besarnya tingkat kemampuan adalah 83.13%, hal ini menunjukkan bahwa metode debat aktif sangat efektif dalam perkuliahan Muhadatsah.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:09
Last Modified: 07 Nov 2023 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31617

Actions (login required)

View Item
View Item