Penerapan Metode Brainstorming Dengan Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn 3 Banda Aceh Winda Robiatul Adawiyah

Winda Robiatul Adawiyah, 190202167 (2023) Penerapan Metode Brainstorming Dengan Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn 3 Banda Aceh Winda Robiatul Adawiyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Brainstorming Dengan Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn 3 Banda Aceh Winda Robiatul Adawiyah] Text (Penerapan Metode Brainstorming Dengan Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn 3 Banda Aceh Winda Robiatul Adawiyah)
Winda Robiatul Adawiyah, 190202167, FTK, PBA, 082213025508.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

MTsN 3 Banda Aceh merupakan salah satu sekolah di Banda Aceh yang menerapkan teori kesatuan yang memandang bahasa sebagai satu kesatuan yang saling bergantung, bukan sebagai bagian-bagian yang terpisah-pisah. Dalam sistem ini, hanya ada mata satu mata pelajaran dalam kurikulum yaitu Bahasa Arab. Peneliti menemukan bahwa mereka belum terbiasa untuk berbicara dalam bahasa arab dan takut salah untuk menuangkan isi pikiran mereka dalam bahasa arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan metode brainstorming dengan gambar dalam pembelajaran bahasa arab khususnya dalam hiwar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen. Peneliti memilih pendekatan “Pre Experiment Design” dengan model “One Group Pretest Post-test”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh sebanyak 288 siswa dengan sampel yang diambil pada kelas VIII 3 sebanyak 28 siswa, teknik yang digunakan dalam pemilihan sample adalah purposive sampling. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode brainstorming dengan gambar efektif dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan pengujian “Paired Sample T-test” dengan menggunakan program SPSS 23. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa hasil test menyatakan bahwa (sig.) (0,05<0,00). Asumsi nol (Ho) adalah ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan penerapan metode brainstorming dengan gambar efektif dalam pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Winda Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:50
Last Modified: 31 Aug 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31626

Actions (login required)

View Item
View Item