Penggunaan Kamus Mahadi Untuk Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Menyusun Jumlah Mufidah

Nora Wilzatun Kifla, 180202147 (2023) Penggunaan Kamus Mahadi Untuk Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Menyusun Jumlah Mufidah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Kamus Mahadi Untuk Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Menyusun Jumlah Mufidah] Text (Penggunaan Kamus Mahadi Untuk Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Menyusun Jumlah Mufidah)
Nora Wilzatun Kifla, 180202147, FTK, PBA, 085262962514.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peneliti mendapati bahwa santri Tsanawiyah Ma’had Ummul Ayman lemah dalam menyusun jumlah mufidah. Ini tampak dari nilai ujian semester mereka. Hal ini disebabkan karena mereka tidak paham arti mufradat, dan tidak mampu untuk menyusun jumlah mufidah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan guru dan murid ketika penerapan kamus ma'hadi, dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan santri dalam menyusun jumlah mufidah menggunakan kamus ma'hadi. Populasi penelitian ini adalah seluruh santriwati ma'had Ummul Ayman. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas 2 C yang berjumlah 27 santriwati dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil observasi kegiatan santriwati sangat bagus dalam pembelajaran bahasa Arab meggunakan kamus ma 'hadi dengan nilai 92,3%. Hasil observasi kegiatan guru sangat bagus dalam pembelajaran bahasa Arab meggunakan kamus ma'hadi dengan nilai 87,5%. Adapun penerapan kamus ma'hadi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan santriwati terhadap menyusun jumlah mufidah. Hal ini terbukti dari nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nora Wilzatun Kifla
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:44
Last Modified: 13 Sep 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31657

Actions (login required)

View Item
View Item