Analisis Dampak Keberadaan Ritel Modern Bagi Umkm Di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Rahmad Raiyan, 180602084 (2023) Analisis Dampak Keberadaan Ritel Modern Bagi Umkm Di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Mengenai  Analisis Dampak Keberadaan Ritel Modern Bagi Umkm Di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam] Text (Membahas Mengenai Analisis Dampak Keberadaan Ritel Modern Bagi Umkm Di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam)
Rahmad Raiyan, 180602084, FEBI, ES .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman dan pembangunan di kota, jumlah ritel modern dan minimarket modern semakin menjamur dan bertambah banyak. Berbagai strategi pemasaran secara kreatif menjadi daya jual utama ritel modern dalam mengsukseskan bisnisnya. Di sisi lain secara tidak langsung kehadiran ritel modern mulai menyisihkan kehadiran UMKM berbentuk toko kelontong yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak keberadaan ritel modern terhadap UMKM di kota Banda Aceh. Serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap keberadaan ritel modern di kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dan melakukan wawancara langsung terhadap para pelaku usaha UMKM yang khususnya memiliki lokasi usaha yang berdekatan dengan ritel modern. Hasil penelitian menjelaskan bahwasannya kehadiran ritel modern di Kota Banda Aceh memberikan dampak kepada pelaku usaha UMKM di Kota Banda Aceh. Seperti mengalami penurunan omset penjualan, berkurangnya pembeli, pengurangan barang masuk. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya jumlah minimarket setiap tahun dan jarak antara minimarket dengan warung kecil yang saling berdekatan, berhadapan dan bahkan saling berdampingan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmad Raiyan
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:29
Last Modified: 01 Sep 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31697

Actions (login required)

View Item
View Item