Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Asal Sumatera Utara Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Yuli Hermayani, 180901043 (2023) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Asal Sumatera Utara Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Antara Konsep Diri] Text (Hubungan Antara Konsep Diri)
Yuli Hermayani, 180901043, FPSI, PSI, 083197284910.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Mahasiswa perantau merupakan individu yang tinggal di daerah lain untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Permasalahan yang di hadapi mahasiswa adalah mengalami ketidakmampuan penyesuaian diri di lingkungan sekitar. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri pada individu adalah konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa rantau asal sumatera utara di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yang berjumlah 135 mahasiswa. Bentuk skala yang di gunakan adalah skala likert. Berdasarkan analisis data dengan Spearmen Rho di temukan hubungan positif antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa rantau asal sumatera di UIN Ar-raniry Banda Aceh dengan nilai r= 0.320 dan taraf signifikansi p = 0.000. Artinya semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi penyesuaian diri, begitu juga sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 140 Specific Philosophical Schools and Viewpoints (Pandangan Filsafat Khusus dan Sistem Doktrin)
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Yuli Hermayani Yuli
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:14
Last Modified: 04 Sep 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31786

Actions (login required)

View Item
View Item