Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri Labuy Aceh Besar

Sri Wulandari, 190209153 (2023) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri Labuy Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri Labuy Aceh Besar] Text (Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri Labuy Aceh Besar)
Sri Wulandari, 190209153, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Guru merupakan komponen terpenting dalam dunia Pendidikan, Guru memiliki pengaruh yang sangat besar pada perubahan-perubahan peserta didiknya. Membaca merupakan keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai secara mendalam, dalam pendidikan formal mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang mengedepankan membaca dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri Labuy diperoleh informasi bahwa terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengurangi kesulitan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Labuy Aceh Besar, dan untuk mengetahui apa kendala yang dihadapi guru dalam mengurangi kesulitan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa kelas II SD Negeri Labuy Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya Guru dalam mengatasi kesulitan membaca Siswa adalah menerapkan metode permainan kartu bergambar, memberikan waktu luang sebanyak 15 menit setiap selesai pulang sekolah, menyediakan satu ruangan yg bernama “Bengkel Kelas”, serta menjalin kerja sama dengan orangtua murid. (2) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengurangi kesulitan membaca yaitu kurangnya motivasi siswa dalam belajar membaca, daya ingat siswa yang rendah,dan kurangnya dukungan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Wulan Dari
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:41
Last Modified: 04 Sep 2023 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31807

Actions (login required)

View Item
View Item